Senin, 17 Oktober 2022

Review Drakor : Doctor Detective "UTAMAKAN KESELAMATAN"

  Doctor Detective

Hallo MyeonGu…..


Kemarin aku baru aja ngeselesain drama ini, dan aku nyesel banget kenapa baru nonton sekarang. Drama ini tuh bener-bener bagus banget. Sejujurnya, aku udah tau drama ini dari lama, dan aku udah mulai buat nonton episode pertamanya, tapi……waktu itu aku ngerasa biasa ajaa. Kaya darama ini tuh enngak menarik perhatian aku. Terus, tiba-tiba drama ini muncul di fyp tiktok aku dan dari komenan yang aku baca katanya drama diangkat dari kisah nyata. 

Aku penasaran dong. Karena enggak tau kenapa aku lebih suka cerita yang diangkat dari kisah nyata. Soalnya nanti saat ceritanya berakhir aku masih bisa tau bagaimana kelanjutannya. Selain itu, drama, film, atau buku yang ceritanya diangkat dari kisah nyata itu lebih menyentuh dan memberikan kesan yang berbeda. And here i am, akhirnya aku memutuskan untuk menonton Doctor Detective.


Profile

"It's not your fault you're sick. Your guilty job"

Drama: Doctor Detective
Hangul: 닥터 탐정
Director: Park Joon-Woo
Writer: Song Yoon-Hee
Network: SBS
Episodes: 16
Release Date: July 17 - September 5, 2019
Language: Korean

Synopsis


Undiagnosed Disease Center atau UDC merupakan lembaga yang mengungkapkan kasus kematian tidak wajar ataupun kecelakaan kerja yang dialami oleh para pekerja di tempat kerja mereka. UDC ini terdiri dari dokter-dokter handal yang akan mengungkapkan kebenaran dari kasus kecelakaan kerja yang terjadi. Tetapi, selain menjadi dokter mereka juga harus menyelidiki kasus tersebut layaknya seorang detektif. Maka dari itu, mereka disebut sebagai dokter detektif. Yah, karena ini juga drama ini berjudul Doctor Detective. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh seorang detektif, mereka akan mendatangi TKP, memeriksanya, mengumpulkan bukti, mencari saksi, dan memeriksa korban serta barang bukti.


Episode pertama dimulai dari kecelakaan yang dialami oleh Harang (Kwak Dong Yean) pada saat membersihkan pintu kaca kereta bawah tanah. Yaah....seperti yang MyeonGu tau pintu kereta hanya akan terbuka pada saat kereta berhenti. Saat itu, kondisi Harang memang sedang tidak baik. Sebelum terjadi kecelakaan Harang sudah pernah terjatuh ke rel kereta saat membersihkan kaca pintu. Tetapi, dia berhasil naik ke tempat yang aman dengan batuan dari Do Joong Eun (Park JIn Hee) dan Heo Min Ki (Bong Gyung Tae) nyaris sebelum kereta datang. Tetapi naas pada saat itu, Harang tidak dapat naik dan tertabrak kereta yang lewat. 


Do Joong Eun merasa bahwa kecelakaan yang dialami oleh Harang bukanlah kecelakaan biasa. Karena kasus inilah, Do Joong Eun akhirnya menerima tawaran dari Kong Il Soon (Park Jin Young) untuk menjadi ketua tim di UDC. Setelah diselidiki ternyata memang benar bahwa Harang mengalami kecelakaan kerja.


Selain menyelediki kasus Harang, UDC juga menyelidiki kasus kecelakaan kerja lainnya yang terjadi. Kasus Harang dan kasus lainnya membawa kebenaran bahwa TL Group merupakan pelaku dari kecelakaan kerja tersebut. Finalnya pada saat produk tidak aman yang diproduksi oleh TL Group akhirnya menimbulkan wabah penyakit bagi masyarakat. 


Usaha UDC dalam mengungkapkan kebenaran mengenai TL Group sangat tidak mudah. Pasalnya, Mo Sung Kook (Choi Kwang Il) seseorang yang dipercaya untuk menangani kasus kecelakaan kerja yang terjadi di TL Group selalu menghalangi penyelidikan yang dilakukan oleh UDC. Mo Sung Kook akan melakukan apa saja agar pekerjaannya dapat berjalan lancar. Intinya Mo Sung Kook ini jahat banget. Dia bahkan sampai bunuh orang dan menyembunyikan fakta bahwa produk yang dijual oleh TL Group tidaklah aman untujk digunakan. 


Cast 


Do Joong Eun diperankan oleh Park Jin Hee

Do Joong Eun merupakan dokter jenius yang bekerja di UDC. Sebelumnya, Do Joong Eun merupakan dokter yang bekerja di TL Group. Nahh… ternyata Do Joong Eun merupakan menantu dari TL Group. Karena dirasa akan membayakan perusahaan, Choi Gun ayah mertua dari Do Joong Eun menyuruh anaknya menceraikan istrinya. Selain itu, Choi Gun juga tidak mengizinkan Do Joong Eun bertemu dengan anaknya.


Heo Min Ki diperankan oleh Bong Tae Gyu

Jujur aku kaget sama peran dari Bong Tae Gyu di sini. Bener-bener berbanding terbalik sama peran yang dia mainin di Drama Penthouse. MyeonGu yang udah nonton pasti tau peran dia situ kaya gimana. Perbedannya enggak sampai 180 derajat sih, hmm…..sekitar 150 derajat? Peran yang dia mainin tetep ga bener tapi dia di jalan yang bener. Dari semua pemeran di drama ini, aku paling suka sama Heo Min Ki. 


Ayah Heo Min Ki merupakan korban dari kecelakaan kerja dan Kong Il Soon adalah dokter yang menyelidiki kasus ayahnya Heo Min Ki. Makanya, Heo Min Ki sama Kong Il Soon itu deket banget. Saat itu Heo Min Ki masih sekolah, mungkin itu yang membuat Heo Min Ki bekerja sebagai dokter detektif. Emosi Min Ki bener-bener ga stabil disini tapi aku sukaa.

 Choi Tae Young diperankan oleh Lee Ki Woo

Choi…..anaknya Choi Gun? Yap! Choi Tae Young adalah mantan suami dari Do Joong Eun. Sebenarnya, Choi Tae Young ini masih cinta (sampai sekarang malahan) sama Do Joong Eun. Tetapi dia harus mengikuti perkataan ayahnya, karena jika tidak ayahnya akan menghancurkan Do Joong Eun. Apalagi pas scene Mo Sung Kook nyuruh orang buat membunuh Do Joong Eun, ternyata waktunya pas Choi Tae Young datang. Disini Choi tae Young siapa yang mau membunuh mantan istrinya. (Teruss Do Joong Eun digendong asdfghjkl, RUJUK POKOKNYA GA MAU TAU!).


Review


Di menit pertama drama ini langsung menyuguhkan aksi Do Joong Eun dalam mencari barang bukti. Kalimat yang disampaikan dapat membuat penonton mengerti dan ikut mencari kemungkinan yang ada. Tetapi 15 menit kemudian alurnya mulai lambat. Saya mulai menerka-nerka permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh Do Joong Eun dan tidak ada clue. Disinilah saya berhenti menonton untuk pertama kali, seperti yang sudah aku beritahu di awal. Tapi, aku memutuskan untuk tetap melanjutkannya dan bertemu dengan kasus Harang.


Plot semakin cepat, suasana yang diberikan drama ini aku piker langsung berubah. Dan MyeonGu tau apa yang paling mengejutkan? Di episode pertama drama ini sudah dapat membuat saya menangis. Acara nangis yang diberikan tidak berlebihan dan benar-benar menyayat hati. Aku bener-bener ikut terbawa seakan-akan aku lagi disamping Do Joong Eun. 


Ada yang lebih mengejutkan di episode kedua! Akhh….mungkin ini bisa menjadi spoiler. Doctor Detective memberikan video documenter dan wawancara keluarga korban di epilognya. Dan lagi-lagi dengan aku berhasil dibuat nangis dengan drama ini. Untuk menonton drama ini aku piker MyeonGu membutuhkan tisu yang agak banyak. Semua epilog yang diberikan drama ini sukses membuat aku cantik (lagi nangis soalnya).


Aku pikir kisah tersedih di drama ini adalah saat salah satu korban dari kecelakaan kerja mengalami kebutaan pada matanya dan sepertinya tidak bisa disembuhkan lagi. Gadis ini diceritakan sangat pandai dalam menggambar dan suka berfoto. Ia mencari nafkah untuk membantu kakeknya yang hanya bekerja sebagai pengumpul barang bekas. Dia tidak menyangka kalau pekerjaannya akan mengambil penglihatannya.


Plot di tengah cerita mulai agak melambat. Tapi, menjelang episode akhir drama ini kembali mempercepat ritmenya. Khususnya di episode terakhir. Aku pikir banyak drama yang seperti ini. Permasalahan di drama ini banyak diselesaikan di episode terakhir. Tapi, ga semuanya. Masih ada kasus yang belum diselesaikan.


Recommended?

Yap! Aku bener-bener ngerekomendasiin drama ini buat MyeonGu. Untuk pointnya sendiri aku kasih 8.7/10. Aku sendiri suka cerita yang seperti ini. Mungkin di 20-30 menit pertama drama ini enggak ngasih aku clue tentang permasalahan Do Joong Eun, tapi setelah diberanikan untuk menonton ternyata drama ini tipe aku banget. Sejujurnya ini salah satu kekurangan dari drama ini. 


Menurutku episode pertama itu episode yang paling penting. Ini harus diperhatikan dengan baik. Episode pertama harus bisa membangkitkan rasa penasaran kita sebagai penonton, bisa juga diberikan sedikit clue agar kita bisa ikut bermain di dalam nya. Seperti summary, kita kadang membuat tebakan asal dari episode pertama. Bukankah ini mengasyikkan? Menerka hal yang enggak pasti. Dan kalau bener kita pasti bakal ngerasa bangga. Hehehehe….langsung ngerasa cocok jadi sutradara:v.


Kalau ditanya bakal aku rewatch lagi atau enggak, kayanya enggak. Mungkin kalau mau rewatch aku bakal langsung ke bagian epilognya aja. Aku mau nyoba drama lain selain ini. Tunggu review drama aku yang lainnya yaaaw. 


Impression


Setelah nonton drama ini, aku mulai nyari kecelakaan kerja yang pernah terjadi di Indonesia. Karena jujur aku belum pernah dengar ada kasus kecelakaan kerja. Mungkin aku kurang update. Kata kecelakaan kerja pertama kali aku dengar saat duduk di bangku SMK. Itu menjadi salah satu materi saat aku bersekolah.


Setelah aku cari ternyata ada banyak kasus kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia. Kebanyakan dari mereka yang bekerja di pabrik, tambang, dan di proyek kontruksi. Tren kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia juga terus meningkat setiap tahunnya. Dari sini aku mulai mikir, jangan-jangan tumbal proyek itu adalah mereka yang mengalami kecelakaan kerja.


Aku harap kalian semua selalu berhati-hati dalam bekerja di mana saja. Ingat! “UTAMAKAN KESELAMATAN”.


Buat MyeonGu yang punya info atau cerita terkait kecelakaan kerja bisa banget share di kolom komentar.


STAY SAFE EVERYBODY!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar